Sabtu, 24 November 2018


Source : pixabay

Hampir semua orang memiliki media sosial. Hampir tak kenal usia. Bayi baru lahir sudah dibuatkan media sosial oleh orangtuanya, anak remaja, orang dewasa, bahkan kakek nenek kita juga ada yang media sosial. ya segitu addictednya kita memang. 
Ilustrasi dari Facebook

Apa sih media sosial itu?
Menurut wikipedia Media sosial adalah sebuah media daring dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum,dan dunia virtual.

Sisi Negatif Media Sosial


Ilustrasi dari Facebook

"Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat"
pernah dengar kalimat itu gak? kebanyakan kita pasti pernah dengar dan sadar gak sadar emang kalimat itu benar adanya.
Coba deh kita perhatikan orang-orang kalau lagi pada kumpul, hampir selalu kita melihat ada orang yang asyik dengan persegi panjang dalam genggamannya.
Memang ga bisa dipungkiri sih smartphone kita benar-benar smart karena hanya dalam satu genggaman kita bisa melakukan banyak hal. salah satunya bertemu secara maya dan bersosialisasi dengan banyak orang. Akan tetapi banyak orang-orang yang malah terlalu kecanduan dengan gadget dan media sosial sampai-sampai menghabiskan waktu berlama-lama dengan media sosial untuk hal yang  kurang bermanfaat. aku juga termasuk sih hehehe kadang ya suka lupa waktu kalau udah stalking di medsos. Kerjaan jadi terbadaikan. Namun kita harus bisa kontrol diri lhoo, biar gak kebablasan. 

Manfaat Media Sosial
Nah di tulisan kali ini aku mau bahas tentang cara aku memanfaatkan media sosial karena media sosial tak selamanya negatif. Ada banyak hal yang positif dan membangun dari media sosial.
yuk langsung aja kita intip :

1. Media Sosial mendekatkan yang jauh
Pernah punya pengalaman gak bertemu kawan lama di media sosial padahal udah bertahun-tahun gak ketemu? kalau pernah berarti hampir semua orang begitu heheh. Seru banget kan? Ketemu teman SD yang bertahun-tahun gak ketemu terus jadi tahu kabarnya dan berlanjut ke komunikasi lagi padahal udah lama gak terdengar kabarnya. 
Kemudian kita juga jadi sangat mudah untuk berkomunikasi dengan banyak orang. fasilitas dari kemajuan teknoligi ini emang wah ya.

2. Media Sosial untuk berbagi hal positif
Zaman sekarang informasi bisa tersebar dalam hitungan detik. foto dan video bisa mudah banget untuk viral. Informasi ini bisa negatif bisa positif. Nah kalau kita bisa menebar hal-hal postif dan bermanfaat kenapa enggak kan?. Karena udah terlalu banyak hal-hal negatifyang bisa merusak jiwa dan raga bersebaran di media sosial, kenapa enggak kita melakukan sebaliknya. Share hal-hak bermanfaat dan edukatif. Nah untuk itu juga kenapa aku suka share cerita di Medsos dan di blog. Tujuannya untuk berbagi lewat tulisan. semoga sih hal ini bermanfaatuntuk yang membaca, karena jujur tujuannya hanya untuk berbagi.

3. Media Sosial bisa menghasilkan Uang
Kalau cerita tentang uang siapa sih yang ga suka ya kan?. Jujur aku salut banget sama orang yang bisa menghasilkan uang dengan media sosial. yaps. kita ga bisa menutup mata dari perkembangan zaman ini. Jadi aku suka heran dengan orang yang bilang "apaan sih ini facebook isinya jualan orang semua". menurutku yang berpendapat seperti itu kurang pitar mencari peluang. Kenapa? coba deh berpikir, mereka yang menggunakan media sosial sebagai tempat berjualan ya karena dia bisa menemukan terget pasarnya. Terbuktikan ada banyak pengusaha-pengusaha online yang berkembang. Karena memang kita tidak bisa menutup mata denga perkembangan zaman ini. aku sudah lama memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Dan memang sangat-sangat bermanfaat untuk menambah penghasilan. eits bukan menambah deng, emang penghasilanku sekarang dari media sosial kok. Nah jadi jangan malu menggunakan media sosial untuk berjualan. 

4. Banyak Pekerjaan Baru yang Muncul Melalui Media Sosial
Kalau dulu cita-cita kita adalah polisi, dokter, tentara dan pilot, zaman sekerang beda. Cita-cita anak-anak zaman sekarang adalah selebgram dan youtuber. Kenapa? karena memang penghasilan youtuber dan selebram itu wow. Selebgram dengan jutaan followersnya bisa punya penghasilan melalu endorse dan paid promote.  Youtuber dengan jumlah subcribers dan viewersnya. oia, Blog juga menghasilkan uang lho. Ada banyak blogger yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utamanya. Nah, jadi jangan takut berkarya melalui konten, siapa tahu media sosialmu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Dan jangan heran kalau kamu melihat orang yang kerjaannya jalan-jalan terus tapi tetap punya uang yang seperti tidak ada habisnya.

Nah itu dia cara yang bisa kita lakukan agar media sosial kita bemanfaat untuk diri kita. Mari bijak dalam bermedia sosial.


Cerita Vera Oktavia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates