Senin, 17 Desember 2018

Zaman sekarang semuanya bisa dilakukan di satu genggaman. Mau makan dan malas keluar rumah? Sudah ada delivery food, mau beli ini dan itu dan malas keluar rumah? Onlineshop bersebaran di media  social, ada yang punya aplikasi, ada yang punya web dan ada yang hanya di media social.
Ibu-ibu aja udah bisa jualan online.

Dulu ya awal-awal aku jualan online, pesaing masih sedikit, sekarang coba cek di facebook dan di Instagram, hamper semuanya buka lapak di media social. Ga bisa di pungkiri, karena memang ada peluang di media social. Semua orang berbondong-bondong nyambi jualan online, pasti karena menjanjikan kan? Eiitss.. tunggu dulu, banyak yang jualan online tapi gak semua bisa dipercaya dong. Buktinya masih banyak aja yang tertipu dengan oleh onlineshop. Muali dari tertipu barang gak sampe-sampe padagal uang udah ditransfer sampai tertipu karena hasil aslinya ga sebagus potonya.

Nah sekarang aku akan berbagi tentang tips aman berbelanja online.

1.  Pilih onlineshop yang terpercaya
Onlineshop terpercaya bukan hanya onlineshop yang pemiliknya kita kenal ya, tapi onlineshop yang track recordnya bagus, ratingnya tinggi, atau paling enggak sudah ada yang pernah belanja di onlineshop tersebut. Kalau kamu beli di Instagram, jangan hanya lihat jumlah followersnya ya, jumlah followers banyak bukan berarti onlineshopnya terpercaya. Sekarangkan sudah ada jasa jual beli followers. Cek juga testimoni pembeli, postingan-postingan dan komentarnya.
Kalau yang di facebook mirip-mirip dengan Instagram sih, kepoin tuh fb-nya dengan detail.

Kalau aku sih cara paling aman belanja online adalah cari onlineshop yang punya situs atau akun marketplace online seperti bukalapak, shoppe,lazada, dll agar semakin terpercaya. Kenapa? Karena kalau belanja di marketplace atau aplikasi belanja online uang kita tidak langsung dikirim ke seller, tapi ke perusahaan itu dulu, dan setelah transasi selesai dalam artian barang sampai ke tangan buyer, baru deh uang kita dikirim ke seller. Artinya seller yang juga punya akun di market place itu lebih terpercaya dan aman. Ini alasan kenapa aku sebagai owner dari evevos.id juga membuat akun di shoppe, SHOPEE EMANG MARKETPLACE ONLINE FAVORITE.  Selain shopee aku juga biasanya belanja di Lazada  karena bisa COD (cash on delivery) dan ga sembarang seller bisa jualan di lazada, setahuku sih ada bersyaratan khusus gitu. Kemudian, Qlapa, karena ini situs khusu untuk produk handmade local, barangnya lucu-lucu banget lho. Kemudian aku juga pernah belanja di SALESTOCK, karena ini onlineshop ini juga bisa COD dan punya garansi pengembalian barang, adminnya juga gerak cepat untuk melayani custumer. Terakhir aku suka belanja di Tokopedia.  Secara pribadi menurutku yang paling aman emang belanja di market place online sih dengan alasan yang ku sebutkan diatas. Oia, di marketplace online sering terjadi perang harga jadi bisa dapat produk yang lebih murah, kita juga bisa cari perbandingan harga (dari sisi buyer sih ini seru ya, tapi dari sisi seller perang harga malah mengurangi keuntungan hehehe).

2.  Jangan malas cek review
Nah ini penting banget ya. Jangan malas baca-baca review dari pembeli yang lain. Kalau aku belanja online, aku selalu cek review untuk menghidari seller yang suka tipu-tipu, dari review kita bisa cek track recordnya. Kalau ada yang kasih bintang 1 sih aku masih wajar, tapi kalau lebih banyak yang kasih bintang 1 atau review buruk dari pada yang kasih bintang 5, sudah tanda tanya dong. Makanya untuk emmudahkan pembeli lain, kita juga harus louangkan waktu kasih penilaian atau review setelah belanja online. Gitu.

Nah kalau beli di facebook atau isntagram gimana? Cek testimoninya, dan kembali lagi, cek akunnya dengan teliti, kalau ada yang janggal, mending ga usah deh.
Nah, ini masukan juga untuk para pedagang online, rajin-rajin kasih testimonya (bicara sama diri sendiri sebagai seller hahaha)

3. Baca keterangan bahan dan ukuran dengan teliti
Jangan anggap remeh yang ini ya. Gambar bagus bukan berarti hasilnya akan sama dengan gambar (yah walaupun harusnya sama sih). Untuk menghindari tipu-tipu itu, tanya baik-baik jelas bahannya, apalagi kalau beli pakaian ya. Ini wajib banget. Biar ga kayak gini.
Atau kekgini...
Hahaha..

Oia, ukuran juga, makanya sebelum beli pakaian di onlineshop, kita harus tahu dulu ukuran pakaian kita. Kadang kesalahan malah ada pada buyer lho salah orer ukuran, barang yang datang malah lebih kecil atau lebih besar. Ini penting banget ya.
Biar ga kayak gini..

Dan satu lagi jangan tertipu barang yang murahnya gak masuk akal. Dantinya malah kekgini.


4. Cek persyaratan dan keterangan
biar lebih meyakinkan cek deh persyaratan dan keterangan. Misalnya, apakah ada  keterangan tentang pengembalian barang, ataukah ada keterangan pre order, agar kalau barang lama datang, kitanya gak sewot nyalahin seller, padahal di keterangan sudah tercantum. Jadi aman belanjanya tanpa perseteruan antara seller dan buyer hehehe, ini sering terjadi soalnya.

5. Simpan bukti transaksi
Ini harus ya, simpan bukti transaksi paling tidak sampai barang tiba di rumah. Jadi kalau ada apa-apa, kamu punya bukti.


Nah itu dia 5 tips aman belanja online versi aku. semoga tips dari aku ini bisa berguna untuk kamu. Jangan lupa untuk tidak kalap, lapar mata dengan diskon. Awas Bahasa Konsumerisme. hhehehe

Cerita Vera Oktavia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates